RSS

Sejarah ilmu Fluida

25 Okt

Kita tau bahwa Kebutuhan manusia paling mendasar adalah “AIR”… karena dengan air kita dapat memasak, mandi, mencuci, dll.

Sejarah berawalnya ilmu Mekanika Fluida ini adalah karena kebutuhan manusia akan air. Karena keharusan terpenuhinya kebutuhan air tersebut, maka manusia melakukan upaya-upaya dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Sehingga diciptakanlah perangkat untuk menggali sumur, alat untuk mengambil dan mendistribusikan air ke sebuah pedesaan, hingga ke seluruh penjuru negeri.

Namun pada masa itu alat yang digunakan adalah alat sederhana yang dibuat masih menggunakan naluri saja, belum menggunakan perhitungan. Kemudian perlatan tersebut dikembangkan oleh ilmuwan-ilmuwan romawi seperti Archimedes, Leonardo Da Vinci, dan kemudian berkembang pesat sejak perilaku Fluida mulai diteliti dengan eksperimen-eksperimen dan dimodelkan dalam sebuah persamaan oleh ilmuwan-ilmuwa nfluida yang kita kenal seperti Torricelli, Euler, Isac Newton, Keluarga Bernoulli, dan D’Alembert. Perkembangan ilmu ini semakin pesat hingga abad ke-19an mulai dilakukan eksperimen-eksperimen dan pemodelan terhadap Fluida Gas, dan pada zaman komputerisasi saat ini pemodelan Fluida sudah banyak menggunakan aplikasi Software sehingga mensimulasikan karakteristik fluida lebih mudah dan cepat

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 25/10/2011 in Mekanika Fluida

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: